Rabu, 16 Mei 2012

ISLAM bukan FUNDAMENTALIS


“Islam fundamental, kamu fundamentalis!”
Rasanya kata-kata itu luar biasa menyakiti jika saja ada yang berani menunjuk hidung kepadaku seraya mengacungkan telunjuk dan mengatakan demikian. Ada apa dengan fundamentalis sehingga harus dialamatkan kepada Islam? pada hakekatnya anatar fundamentalis dan Islam tidak ada kaitannya, ini sebuah pemaksaan makna yang salah jurusan sejak awalnya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fundamentalis adalah penganut gerakan keagamaan yang kolot dan reaksioner yang merasa terancam oleh ajaran agama modern dan liberal sehingga merasa perlu kembali ke ajaran agama yang asli seperti yang tersurat dalam kitab suci.
Begitulah makna fundamentalis dalam kaidah bahasa, tetapi bisakah itu ditujukan kepada Islam? menyandingkan makna Fundamentalis dan Islam sama halnya dengan pemerintah Amerika mencoba menyandingkan teroris dan Islam, tidak akan bisa dua hal itu disandingkan bila dibedah dengan pisau sejarah pemikiran. Mungkin bisa dua hal itu disandingkan secara bahasa, wajar saja bisa karena dalam ragam bahasa ada teori penyempitan makna dan perluasan makna.
Bila kita telaah dalam sejarah pemikiran maka makna Fundamentalis ini meluas dari yang sempit pada awalnya. Istilah fundamentalis mulai dikenal sebagai antitesa dari gerakan modern pada zaman renaissance.
Terminologi modern adalah sekat zaman yang dilakukan Barat untuk menandai berakhirnya kekuasaan Gereja yang mengekang kebebasan berpikir atau menggunakan akal karena kitab suci mereka bertentangan dengan sains.
Jika mengacu pada makna fundamentalis dari KBBI, jelas bahwa fundamentalis adalah antitesa dari modern, dan modern antitesa dari klasik dalam kajian sejarah pemikiran. Dalam kaidah bahasa, pada dasarnya makna fundamentalis khusus untuk gerakan keagamaan yang menolak kebebasan untuk menentang dogma Gereja.
Jadi eras klasik, modern dan post-modern tidak berlaku untuk peradaban Islam, karena secara epistemologi Islam, akal diakui sebagai sumber pengetahuan yang valid disamping sumber pengetahuan lainya. Pemisahan antara ilmu akherat dan dunia tidak pernah terjadi dalam konteks keislaman, kedua berjalan selaras sampai datang pemikiran barat yang mengobrak-abrik pola pemikiran kaum muslimin. Sepertinya barat begitu trauma pada kekangan agama gereja sehingga ketika melihat Islam dari kacamata sekularisme sebagai penganut mazhab klasik yang harus diberantas.
Konsolidasi istilah fundamentalis datang bersamaan dengan masuknya keilmuan barat yang begitu superior mengindahkan nilai-nilai sehingga nilai-nilai Islam menjadi proyek pemberangusan selanjutnya. Dalam akulturasi ilmu pengetahuan barat, mereka menemui tembok tebal para cendekiawan muslim yang berusaha membendung arus liberalisasi pengaruh barat dalam ajaran Islam. Dari sinilah istilah fundamentalis dilabeli kepada para golongan ulama yang menentang pemahaman liberal dengan arus modernisasi, seolah ingin memukul rata golongan islam dengan kalangan gereja. Padahal Islam tidak mengenal periode modern, klasik dan semua itu hanyalah istilah barat yang terlalu dipaksakan kepada kaum muslimin
Terjadi perubahan pola yang digeneralisasi sampai babat alas oleh kalangan barat, fundamentalis yang awalnya adalah gerakan reaksionis dari kalangan gereja untuk mempertahankan status quo, kemudian berubah pola bahwa semua yang gerakan anti Barat langsung dicap sebagai fundamentalis. Pola sama juga diterapkan pada masalah teroris dan Islam. Sejarah dunia teror, mencatat dua kubu teroris terkenal dari Irlandia yang selalu berseteru atas nama agama mereka melakukan terror. Teroris di Kolombia adalah kartel narkoba yang selalu menebar terror dalam aksi perebutan lahan jual heroin, sabu dan obat bius lainnya.

1 komentar:

  1. kirim-kirim tulisan kesini juga dong bang,
    kunjungi juga web kita yah http://flpkita.wordpress.com/

    BalasHapus