Sabtu, 18 Mei 2013

Karakter Ai

Bagi para penggemar serial Detective Conan, manga karya Aoyama Gosho ini sudah berumur 19 tahun sejak awal diterbitkan pada tahun 1994. Ada banyak karakter yang menarik di manga itu. Banyak para "fans" mengidolakan Shinichi Kudo dan Ran Mouri sebagai tokoh utama, tapi yang kita bincangkan disini ialah "fictional character" Ai Haibara alias Shiho Miyano. Pada awal kemunculan pada Book Vol. 18, tokoh ini sudah menarik hati saya. Pembawaan karakter dari Ai tidak seperti perempuan pada umumnya untuk gadis berusia 18 tahun. Dari gaya bicaranya yang khas dan dari caranya menatap lawan bicara, luar biasa memukau, wow, superb! Ini keunikan dari seorang Ai sebagai tokoh fiksi dan jarang kita temui perempuan dengan "gaya" seperti ini di dunia nyata.

Memahami karakter seseorang tak lepas dari menbaca latar masa lalu yang dihadapi sang tokoh. Shiho adalah putri seorang Ilmuwan "gila" yang sedang dipersiapkan organisasi sebagai "suksesor" Ayahnya yang telah dibunuh organisasi. Sebagian besar waktunya dihabiskan di laboratorium dan didepan layar komputer, mungkin karena itulah ia jadi pribadi yang pendiam dan dingin kepada siapa saja. Tapi melihat "style" nya dalam memilih pakaian, Ai termasuk perempuan yang modis dan sangat memperhatikan penampilannya. Sering terlihat ia membaca majalah-majalah mode. Dan seringnya ia berkata "puitis" dan sering mengutip kata-kata mutiara, bisa dibilan Ai menyukai sastra dan gemar berfilsafat.

Beberapa "quotes" dari tokoh Ai dalam dialog komik Detective Conan.

~Kalau aku lenyap bersama hujan di tempat hukuman mati seperti Mary, mungkin dia akan seperti anjing kesayangannya yang melemparkan diri ke sungai untuk mengejarku.

~Sembunyi dengan rasa takut karena mungkin suatu saat akan ditemukan sangat menyengsarakan...

~Sama saja seperti mesin penjual jus kaleng. Kau akan bisa melepaskan dahaga jika kau masukkan uangmu, tapi tanpa uang, kau tak akan mendapatkan apapun! Uang tak bisa membeli hati manusia...

~matahari senja, sampai kapan aku akan bertemu lagi dengan warna menyedihkan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar