Minggu, 20 November 2011

"ADI"?

Aku, beginilah aku. anak pertama dari pasangan guru Sekolah Dasar yang harus menghabiskan waktu kanak-kanakku untuk mengabdi di SD terpencil. Terlahir sebagai nama Adi, sebuah nama yang jauh panggang dari api, biasanya anak dari sukuku memberi namanya dengan nama-nama yang berbau islam dan melayu, seperti penamaan Syah yang menjadi ciri dari melayu Sumatera, mungkin ini merujuk pada nama Sultan Muhammad Syah, raja islam pertama kerajaan Malaya (1276 M) yang kemudian melahirkan emperium generasi raja-raja Islam di wilayah semenanjung Malaka dan Sumatera. 

Pola akhiran dengan nama Syah ini seperti menjadi ciri, baik dari sisi kesukuan maupun secara Islam. Polanya hampir sama dengan penamaan Khan untuk keturunan Islam di India yang menginduk pada cucu Jengish khan Agung, Takudar Muhammad Khan yang menguasai belahan dunia barat dari setengah dunia yang di kuasai Mongol, berbagi dengan sepupunya Khubilai Khan, Kaisar Yuan yang menguasai belahan dunia bagian timur.

Setelah remaja baru kuketahui bahwa nama itu atas prakarsa Paman dan Ayah, atas rembugan mereka berdua tersebutlah nama itu,  hanya sekelumit itu yang kuketahui dari penuturan Ibu tentang asal muasal penamaanku. Adi, ketika kubuka di Kamus Besar Bahasa Indonesia, adi berarti; yang pertama, yang terbaik. Penamaan "adi" juga banyak di pakai untuk untuk menunjukkan makna "paling" atau “ter-“, adikuasa, adidaya, adipura, dll. 

Jikalau membahasakan "adi" dalam bahasa inggris, padanan kata yang cocok adalah the best dan the great. Nama Alexander the Great, cocoknya jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi "Iskandar Adi".

Nama Adi juga banyak ditemukan di setiap suku, bangsa dan negara. Pernah tersebut nama Adi dalam Siroh Nabawiyah, ada sahabat Nabi SAW yang bernama Adi bin Hattim, seorang mantan ahlul kitab yang berislam kepada Rasulullah. Adi juga ada di bahasa Sanskerta. Adi juga jadi nama salah satu jenis pantun Lampung, adi-adi

Begitulah namaku, sebuah yang unik jadi banyak dipakai dimana-mana, hingga nama itu menjadi nama pasaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar